:: Salam hangat dari keluarga besar KOMBIS untuk anda, dalam setiap kunjungannya di web KOMBIS. Semoga apa yang kami persembahkan dalam web ini dapat berguna untuk anda dan kita semua ::

Media Dalam Komunikasi Bisnis


Selama ini komunikasi bisnis hanya dikenal sebagai “Komunikasi.” Padahal komunikasi bisnis ini mencakup berbagai  topik pada bidang dibawah ini :
1. Pemasaran
2. Branding
3. Hubungan pelanggan
4. Perilaku konsumen
5. Advertising
6. Public relations
7. Komunikasi perusahaan
8. Keterlibatan komunitas
9. Riset & Pengukuran
10. Manajemen Reputasi
11. Komunikasi interpersonal
12. Keterlibatan karyawan
13. Komunikasi online
14. Manajemen Event.

Komunikasi Bisnis merupakan topik yang umum termasuk dalam kurikulum Master of Business Administration (MBA) yang banyak diajatkan universitas. Dalam dunia bisnis, istilah komunikasi itu sendiri mencakup berbagai saluran komunikasi termasuk :
1. Internet
2. Print (Publications)
3. Radio
4. Televisi
5. Media ambient
6. Media outdoor
7. Metode dari mulut ke mulut.

Komunikasi Bisnis juga dapat merujuk kepada komunikasi internal. Seorang direktur komunikasi biasanya akan mengelola komunikasi internal dan kemudian mengirimkan pesan ke karyawan. Sangat penting bahwa komunikasi internal ini bisa dikelola dengan baik karena seringkali terjadi komunikasi ini kurang berhasil sehingga bisa membuat sebuah pesan yang justru dapat memupuk ketidakpercayaan atau permusuhan dari karyawan.
Ada beberapa metode komunikasi bisnis yang selama ini dikenal, yaitu:
1. Komunikasi Berbasis Web
2. e-Mail
3. Laporan
4. Presentasi
5. Teleconference
6. Forum Diskusi
7. Diskusi Tatap Muka.

Media Promosi Bisnis/Usaha

Salah satu media komunikasi bisnis di internet adalah melalui iklan online yang akan ditampilkan pada situs tertentu. Ada beberapa situs yang menyediakan sarana periklanan online ini, salahsatunya yang populer dan banyak digunakan diseluruh dunia adalah fasilitas adwords dari google. Melalui fitur ini, iklan kita akan ditampilkan di halaman pencarian google sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pencari informasi. Selain itu, iklan Anda juga akan ditampilkan pada situs-situs network google seperti pada situs / blog adsense.
Sementara itu situs lokal di Indonesia yang juga menyediakan sarana periklanan adalah balizon. Disana Anda bisa memasang iklan baris, iklan paragraph, showroom bisnis, maupun menjual produk melalui fasilitas toko online bersama.

Teknologi multimedia dalam komunikasi bisnis

Teknologi merupakan alat teknik, atau cara yang dapat membantu manusia dalam menjalankan pekerjaan, sehingga pekerjaan menjadi lebih ringan, lebih cepat, lebih baik, dan lebih banyak hasilnya.

Salah satu alasan mengapa teknologi dibutuhkan dalam komunikasi bisnis, adalah karena dengan adanya alat bantu multimedia yang relevan dan dipilih dengan baik maka akan mudah menarik perhatian. Alat bantu multimedia dapat digunakan secara efektif untuk mengendalikan perhatian penyimak melalui stimuli visual dan stimuli oral.

Dan alat bantu multimedia juga digunakan untuk menjelaskan gagasan, karena alat bantu multimedia memberikan gambar bernilai ribuan kata, tambahan visual dan auditory tambahan atau input indera dapat menyampaikan konsep yang sulit dan membantu dalam penyampaian pesan yang kompleks.

Anderson (1966) menunjukkan bahwa suatu kombinasi presentasi yang menggunakan kemampuan bicara dan penayangan gambar berdampak lebih besar terhadap topik yang lebih kompleks dibandingkan pesan yang disampaikan dengan kata-kata. Dan para penyimak akan mengingat isi presentasi lebih lama bila presentasi menggunakan gambar-gambar. Tambahan input visual dan auditory dapat menyempurnakan kata-kata yang diucapkan dan dapat memusatkan perhatian dan meningkatkan kejelasan.

Itulah mengapa pengetahuan tentang teknologi multimedia sangat penting diberikan pada bidang pendidikan komunikasi bisnis.

Sumber: http://notes9.wordpress.com/2013/01/01/multimedia-dalam-komunikasi-bisnis/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
WWW.COYSKA.COM