Selama ini
komunikasi bisnis hanya dikenal sebagai “Komunikasi.” Padahal komunikasi bisnis
ini mencakup berbagai topik pada bidang dibawah
ini :
1. Pemasaran
2. Branding
3. Hubungan pelanggan
4.
Perilaku konsumen
5. Advertising
6. Public
relations
7.
Komunikasi perusahaan
8. Keterlibatan komunitas
9. Riset & Pengukuran
10. Manajemen Reputasi
11. Komunikasi interpersonal
12. Keterlibatan karyawan
13. Komunikasi online
14. Manajemen Event.
Komunikasi Bisnis
merupakan topik yang umum termasuk dalam kurikulum Master of Business
Administration (MBA) yang banyak diajatkan universitas. Dalam dunia bisnis,
istilah komunikasi itu sendiri mencakup berbagai saluran komunikasi termasuk :
1. Internet
2. Print (Publications)
3. Radio
4. Televisi
5. Media ambient
6. Media outdoor
7. Metode dari mulut ke mulut.
Komunikasi Bisnis
juga dapat merujuk kepada komunikasi internal. Seorang direktur komunikasi
biasanya akan mengelola komunikasi internal dan kemudian mengirimkan pesan ke
karyawan. Sangat penting bahwa komunikasi internal ini bisa dikelola dengan
baik karena seringkali terjadi komunikasi ini kurang berhasil sehingga bisa
membuat sebuah pesan yang justru dapat memupuk ketidakpercayaan atau permusuhan
dari karyawan.
Ada beberapa metode komunikasi bisnis yang
selama ini dikenal, yaitu:
1. Komunikasi Berbasis Web
2. e-Mail
3. Laporan
4. Presentasi
5. Teleconference
6. Forum Diskusi
7. Diskusi Tatap Muka.
Media Promosi Bisnis/Usaha
Salah satu media
komunikasi bisnis di internet adalah melalui iklan online yang akan ditampilkan
pada situs tertentu. Ada beberapa situs yang menyediakan sarana periklanan
online ini, salahsatunya yang populer dan banyak digunakan diseluruh dunia
adalah fasilitas adwords dari google. Melalui fitur ini, iklan kita akan
ditampilkan di halaman pencarian google sesuai dengan kata kunci yang
dimasukkan oleh pencari informasi. Selain itu, iklan Anda juga akan ditampilkan
pada situs-situs network google seperti pada situs / blog adsense.
Sementara itu
situs lokal di Indonesia yang juga menyediakan sarana periklanan adalah balizon.
Disana Anda bisa memasang iklan baris, iklan paragraph, showroom
bisnis, maupun menjual produk melalui fasilitas toko online bersama.
Teknologi multimedia dalam komunikasi
bisnis
Teknologi
merupakan alat teknik, atau cara yang dapat membantu manusia dalam menjalankan
pekerjaan, sehingga pekerjaan menjadi lebih ringan, lebih cepat, lebih baik,
dan lebih banyak hasilnya.
Salah satu alasan
mengapa teknologi dibutuhkan dalam komunikasi bisnis, adalah karena dengan
adanya alat bantu multimedia yang relevan dan dipilih dengan baik maka akan
mudah menarik perhatian. Alat bantu multimedia dapat digunakan secara efektif
untuk mengendalikan perhatian penyimak melalui stimuli visual dan stimuli oral.
Dan alat bantu
multimedia juga digunakan untuk menjelaskan gagasan, karena alat bantu
multimedia memberikan gambar bernilai ribuan kata, tambahan visual dan auditory
tambahan atau input indera dapat menyampaikan konsep yang sulit dan
membantu dalam penyampaian pesan yang kompleks.
Anderson (1966)
menunjukkan bahwa suatu kombinasi presentasi yang menggunakan kemampuan bicara
dan penayangan gambar berdampak lebih besar terhadap topik yang lebih kompleks
dibandingkan pesan yang disampaikan dengan kata-kata. Dan para penyimak akan
mengingat isi presentasi lebih lama bila presentasi menggunakan gambar-gambar.
Tambahan input visual dan auditory dapat menyempurnakan kata-kata
yang diucapkan dan dapat memusatkan perhatian dan meningkatkan kejelasan.
Itulah
mengapa pengetahuan tentang teknologi multimedia sangat penting diberikan pada
bidang pendidikan komunikasi bisnis.
Sumber: http://notes9.wordpress.com/2013/01/01/multimedia-dalam-komunikasi-bisnis/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar