:: Salam hangat dari keluarga besar KOMBIS untuk anda, dalam setiap kunjungannya di web KOMBIS. Semoga apa yang kami persembahkan dalam web ini dapat berguna untuk anda dan kita semua ::

Teknik Presentasi Dalam Bisnis

Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak hadirin atau salah satu bentuk komunikasi. presentasi merupakan kegiatan pengajuan suatu topik, pendapat atau informasi kepada orang lain. Berbeda dengan pidato yang lebih sering dibawakan dalam acara resmi dan acara politik, presentasi lebih sering dibawakan dalam acara bisnis.
Presentasi bisnis bagi para staf manajer pada semua level/tingkatan dalam suatu perusahaan berskala menengah dan besar merupakan hal yang biasa. Baik dalam kaitannya dengan masalah pemasaran, keuangan, personalia, produksi, dan teknologi informasi.
Namun, arti presentasi bagi seorang pebisnis adalah untuk membujuk, memberi informasi, dan untuk meyakinkan rekan kerja atau klien untuk dapat membeli produk / menggunakan jasa yang ditawarkan.
Presentasi bisnis memiliki proses hingga sampai pada tahap mempengaruhi seseorang, yaitu:
1.   Menginformasikan pesanpesan bisnis kepada audiens
2.   Menghibur audiens
3.   Menyentuh emosi audiens
4.   Memotivasi audiens untuk bertindak sesuatu
Sebelum melakukan presentasi hendaknya seorang pebisnis melakukan persiapan terlebih dahulu, yakni :
1.  Penguasaan terhadap topik atau materi yang akan disampaikan, agar yang ingin disampaikan dapat mencapai sasaran.
2.   Pengusaha berbagai alat bentu presentasi dengan baik
3.   Menganalisis siapa audiens anda.
4.  Menganalisis berbagai lingkungan lokasi atau tempat untuk presentasi, guna mempermudah bagi seorang pembicara.
Setelah mempersiapkan presentasi bisnis, maka pebisnis perlu mengambil keputusan untuk memilih alat bantu yang akan digunakan untuk melakukan presentasi bisnis, seperti :
1.   Papan Tulis
2.   Flip Charts
3.   Tranparasi Overhead Projector
4.   Slide
5.   Papan Tulis Elektronik
6.   Video Cassete Recorder (VCR)
7.   Panel LCD Projector

Ketrampilan yang Anda miliki sebagai komunikator akan menjadi salah satu faktor penting dalam mencapai kesuksesan presentasi bisnis. Oleh karena itu Anda harus tampil rapi dan sopan dalam presentasi karena semua mata akan tertuju pada Anda. Tenangkan diri sejenak. Tarik nafas dalam-dalam, keluarkan lambat-lambat. Kemudian tenangkan pikiran dan emosi Anda pula. Berdirilah dengan sigap. Berjalanlah dengan tegas dan mantap. Atau turut bertepuk tangan menyambut applaus dari audiens. Biarkan energi itu mengalir dalam gerakan Anda. Berbicaralah dengan keras dan lantang. Bila Anda berbicara lambat, maka bibir Anda akan semakin gemetar, suara Anda pun bergetar. Salurkan rasa grogi Anda melalui suara Anda yang keras dan lantang. Suara keras Anda bukan hanya dapat mengatasi kecemasan, namun juga sarana menyalurkan energi tersebut. Anda juga bisa diam sejenak. Anda dapat menyalurkan ketegangan dalam diri anda pada para audiens, yaitu dengan memulai presentasi Anda dengan diam beberapa detik. Biarkan ketegangan Anda terserap dan jadi ketegangan audiens. Yang terakhir, lontarkan humor yang wajar. Lenturkan kegugupan Anda dengan sebuah humor yang wajar. Anda memang perlu merencanakannya dengan baik, namun jangan sampai kehilangan spontanitas. Sebagai catatan, humor terbaik yang tidak akan melukai perasaan siapa pun adalah humor tentang diri Anda ;)

Dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
WWW.COYSKA.COM