Pada masa kini, manusia yang modern dalam berbisnis seringkali
menggunakan istilah Integrated Marketing Communication (IMC) atau disebut juga
Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam mempromosikan produknya. Komunikasi
pemasaran digunakan sebagai kegiatan komunikasi yang ditujukan untuk
menyampaikan pesan kepada konsumen dan pelanggan dengan menggunakan sejumlah
media dan berbagai saluran yang dapat dipergunakan, tentunya dengan harapan
terjadi tiga perubahan. Yaitu berubahnya tindakan, sikap, serta pengetahuan
target pasar.
Menurut American Association of Advertising Agency, IMC adalah “Konsep
perencanaan komunikasi pemasaran yang mengkaji peran strategis masing-masing
bentuk komunikasi (iklan, sales promotion, PR, direct marketing, dll) dan
memadukannya untuk meraih kejelasan, konsistensi dan dampak komunikasi yang
maksimal melalui pengintegrasian pesan.” Jika dijabarkan lebih luas maka IMC
memiliki pengertian: Pengembangan dan implementasi berbagai bentuk program
komunikasi yang bersifat persuasif kepada konsumen secara berkesinambungan.
Karakteristik dari IMC yaitu, berawal dari konsumen, kemudian mempengaruhi
perilaku dengan mendorong konsumen untuk bertindak, menggunakan berbagai macam
sarana dan saluran untuk menghubungkan perusahaan dengan konsumen, lalu
berusaha menjalin hubungan antara brand dengan pelanggannya sehingga tercipta sinergi
komunikasi pemasaran. Tujuannya adalah untuk mengkomunikasikan value, meningkatkan
brand awareness, membangun brand loyalty, mengurangi serangan dari competitor dengan
menghadirkan pesan yang unik dan positif sehingga dapat melindungi perang harga
di kalangan competitor.
Begitu bermanfaatnya penggunaan strategi IMC bagi suatu organisasi
bisnis hingga banyak perusahaan yang menggunakannya untuk mendapatkan hati
pelanggan. Manfaat-manfaat yang didapat adalah sebagai berikut:
- Membentuk identitas merk yang kuat di pasar dengan mengikat bersama dan memperkuat semua citra dan pesan komunikasi perusahaan.
- Mengkoordinasikan semua pesan, positioning dan citra, serta identitas perusahaan melalui semua bentuk komunikasi pemasaran.
- Adanya hubungan yang lebih erat antara perusahaan (melalui produk/jasanya) dengan para konsumennya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar