:: Salam hangat dari keluarga besar KOMBIS untuk anda, dalam setiap kunjungannya di web KOMBIS. Semoga apa yang kami persembahkan dalam web ini dapat berguna untuk anda dan kita semua ::

Komunikasi Bisnis





Seperti yang kita ketahui bersama, jika komunikasi merupakan elemen terpenting yang diberikan Tuhan kepada manusia. Dengan komunikasi kita menjadi mahluk hidup, bukanlah sebuah benda mati. Melalui komunikasi pula, manusia bisa menghidupkan nyawa sosial yang menjadi harapannya untuk tetap berperan sebagai manusia.

Selain komunikasi ada juga faktor penting yang harus kita lakukan untuk dapat bertahan hidup, yaitu bisnis, karena dengan bisnis kita bisa menghasilkan simbiosis mutualisme untuk memenuhi kebutuhan dan hasrat hidup kita sebagai manusia. Pada jaman dahulu kala pun sudah terbukti bahwa manusia melakukan kegiatan jual-beli untuk bisa hidup, dengan pembayaran barter atau pertukaran barang. Sedangkan transaksi bisnis di jaman sekarang sudah menggunakan uang dengan nilai berbeda yang diukur oleh masing-masing Negara.

Jika komunikasi adalah elemen yang membedakan kita sebagai makhluk hidup dengan benda, bisnis juga merupakan elemen penting yang tidak hanya membedakan kita dengan benda, tetapi juga membedakan kita sebagai manusia dengan hewan (walaupun saya tidak tahu juga apakah hewan menjalankan roda bisnis, karena yang saya tau hewan sangat patuh pada hukum rimbanya, hehehe kind of intermezo). Nah, jika kita gabungkan dua kekuatan elemen ini, Komunikasi dengan Bisnis, tentunya akan menjadi suatu hal yang luar biasa, terlebih jika kita berhasil menguasai penyatuan keduanya ini. Namun, sebenarnya apakah komunikasi bisnis ini????

Komunikasi dirumuskan sebagai suatu proses penyampaian pesan/informasi diantara beberapa orang. Karenanya komunikasi melibatkan seorang pengirim, pesan/informasi saluran dan penerima pesan yang mungkin juga memberikan umpan balik kepada pengirim untuk menyatakan bahwa pesan telah diterima. Komunikasi adalah suatu yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Dalam berkomunikasi seseorang harus memiliki dasar sebagai berikut; niat, minat, pandangan, lekat, libat. Dalam proses komunikasi kita juga harus ingat bahwa ada hambatan yaitu baik dari pengirim, saluran, penerima dan umpan balik serta hambatan fisik dan psikologis.

Tujuan komunikasi adalah berhubungan dan mengajak dengan orang lain untuk mengerti apa yang kita sampaikan dalam mencapai tujuan. Tentunya dalam hal ini tujuan komunikasi bisnis adalah untuk memberi informasi, persuasi atau membujuk, dan untuk melakukan kolaborasi dengan audiens. Untuk itu, keterampilan berkomunikasi sangatlah diperlukan dalam bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bisnis. Ada dua jenis komunikasi, yaitu verbal dan non verbal, komunikasi verbal meliputi kata-kata yang diucapkan atau tertulis, sedangkan komunikasi non verbal meliputi bahasa tubuh. Menurut bentuk komunikasi, ada yang disebut komunikasi satu arah dan komunikasi dua arah. Komunikasi satu arah berarti sebuah pesan dikirim dari pengirim ke penerima tanpa ada umpan balik. Komunikasi dua arah terjadi bila pengiriman pesan dilakukan dan mendapatkan umpan balik. Komunikasi berdasarkan besarnya sasaran terdiri dari komunikasi massa, komunikasi kelompok, dan komunikasi perorangan. Sedangkan komunikasi berdasarkan arah pesan terbagi atas; komunikasi satu arah dan komunikasi timbal balik.

Komunikasi bisnis terdiri dari berbicara,mendengarkan, menulis dan membaca. Para pelaku bisnis mengalokasikan waktunya untuk masing-masing jenis komunikasi verbal seperti dalam tabel di bawah ini:

Jenis Komunikasi Verbal Alokasi waktu:
  • Berbicara 30%
  • Mendengarkan 45%
  • Menulis 9%
  • Membaca 16%
Komunikasi bisnis baik secara lisan maupun tulisan mempunyai beberapa karakteristik sebagai berikut:
  • Pesan yang terkandung dalam komunikasi bisnis disusun untuk audience atau penerima yang membutuhkan informasi.
  • Pesan bisnis disusun dengan mempertimbangkan batasan waktu dan biaya.
  • Pesan bisnis biasanya disusun untuk lebih dari satu tujuan.
  • Pesan bisnis harus memperhatikan nada dan pengaruhnya terhadap audience.
Komunikasi Bisnis menurut pengertian penulis secara sederhana adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis secara internal maupun eksternal, yang mencakup berbagai macam jenis dan bentuk komunikasi untuk mencapai tujuan bisnis. Komunikasi bisnis digunakan untuk menyampaikan gagasan bisnis atau mempromosikan suatu produk atau jasa. Dalam dunia bisnis kita tidak boleh melanggar norma-norma yang telah ditetapkan ketika melakukan komunikasi. Biasanya komunikasi bisnis memiliki aturan yang ketat, keras, formal, dan terstandar.

Begitu kerasnya persaingan dalam dunia bisnis, sehingga untuk memenangkan tender atau menguasai pasar banyak pebisnis yang bertindak tanpa etika bisnis yang seharusnya. Meng-copy ide bisnis orang lain, membuat iklan yang menyindir competitor, ataupun membajak merek produk yang sudah terlebih dahulu terkenal. 

Begitulah gambaran dunia bisnis masa kini yang telah lupa akan persaingan secara sehat. Tujuan financial nampaknya menggelapkan para pebisnis yang seharusnya jujur dan beretika. Namun, masih banyak pula bisnis yang bisa bertahan hingga kini, karena kredibilitas pebisnis yang menanamkan tanggung jawab. Ya tanggung jawab, tanggung jawab akan bisnis yang dijalani, dan dengan lingkungan, juga orang-orang yang berkepentingan didalamnya atau biasa disebut stakeholders. Menerut penulis, bisnis seperti itulah yang akan selalu eksis, jadi tetaplah berpegang pada etika bisnis yang jujur dan bertanggungjawab jika ingin menjadi penguasa pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
WWW.COYSKA.COM