Berkembangnya “Era Reformasi” membawa banyak
dampak dalam berbagai aspek kehidupan di Indonesia. Berjalan beriringan dengan
munculnya globalisasi perdagangan menuju pasar bebas mengakibatkan mudahnya
akses ke berbagai instansi, didukung oleh teknologi yang tinggi dan pesat.
Dimana industri yang pada masa lalu hanya di monopoli oleh
kalangan-kalangan Elite tertentu. Melalui jalan birokrasi yang
sulit secara tidak langsung menahan laju kreatifitas.
Di awali dengan “kebebasan pers”, telah membuka
jalur yang telah lama terhambat kemudian jasa event & wedding
organizer melaju pesat hingga semakin menjamur. Sehingga kini terbuka
luas untuk semua generasi yang penuh tantangan, berwawasan, kompeten, dan
handal. Yang kemudian melahirkan gagasan pada tahun 2007, untuk menyatukan
kreatifitas dengan di bentuknya Creation of Communication Business
(CROMBIS) sebagai bentuk aplikasi yang didapat dari akademik untuk
dipraktekkan secara nyata kedalam sebuah penyelenggaraan event oleh
para mahasiswa KOMBIS.
Dalam dunia entertainment yang
fokus pada perusahaan jasa dapat membawa angin segar di kalangan masyarakat
luas. Menghadirkan nuansa yang beda dari yang ada, menjadi tempat lahirnya para
profesional muda yang berkreasi dan penuh intelektual, handal, terpercaya, baik
di kalangan domestik maupun di kalangan internasional. Serta menjamin bentuk
usaha yang menjanjikan bagi para pekerja di dalamnya maupun bagi rekan bisnis
yang tidak hanya meraih keuntungan financial semata, namun
juga membangun industri baru yang idealis dengan perkembangan zaman yang terus
berubah–ubah dengan tetap mempertahankan citra bangsa Indonesia secara murni.
Kreatifitas anak muda, khususnya remaja sudah
selayaknya menjadi prioritas bagi Bangsa dan Negara ini untuk di ekspose dan
dikembangkan. Peningkatan kepercayaan diri akan sebuah "kreatifitas
diri" yang sangat dibutuhkan dalam persaingan global saat ini. Terbatasnya
lapangan pekerjaan yang tersedia, namun dengan mengembangkan dan mengasah
"kreatifitas diri", dengan sendirinya suatu kesenangan atau hobi akan
bertransformasi menjadi pekerjaan yang mampu membantu mengurangi pengangguran
yang ada dan ini telah terbukti. CROMBIS merupakan bentuk pengaplikasian
jiwa enterpreneurship mahasiswa Komunikasi Bisnis STIKOM
InterStudi.
Dimana tujuan dibentuknya event dari
CROMBIS ini adalah untuk menuangkan hasil kreatifitas kawula muda ke dalam
bentuk kecintaan (hobi) dan mengembangkannya menjadi suatu pekerjaan yang mampu
menjadikan anak muda jaman sekarang tidak hanya membuang waktu untuk hobi,
namun dapat menghasilkan sesuatu. Selain kepuasan batin yang didapat atas
kebanggan diri sendiri yang berprestasi, namun juga menghasilkan uang. Yang
mana secara langsung menjadikan diri mandiri dan tidak melulu menadah kepada
orang tua.
Acara Band & Beat Box Performance,
Battle Rap, Dance, and Photography Competition yang diberi
nama "Unek-Unik 2011" oleh CROMBIS ini
diselenggarakan pada tanggal 23 April 2013 di GOR Bulungan, Jakarta Selatan.
Ini merupakan acara tersukses bagi Mahasiswa Komunikasi Bisnis. Karena semua
mahasiswa Kombis dari seluruh angkatan bergabung dan bekerja-sama untuk
terlaksananya acara ini. Mulai dari pematangan konsep acara, pencarian peserta,
hingga penggalangan dana melalui sponsorship dengan Bank
BRI, Mejiku Clothing, Senopati'41 Entreprise, Honey Bear Cake, dan Teh Walini.
Juga melobi Bintang Tamu yang pada akhirnya diputuskan untuk manggung di acara
"Unek-Unik 2011", yaitu Ras Muhammad (Bintang Reggae) dan Kojek
(Bintang Hip-Hop Betawi).
Keunikan dari acara yang lain daripada acara
Kampus pada umumnya adalah bahwa acara ini menyisipkan unsur kebudayaan
Indonesia di setiap hasil kreatifitas para peserta. Dimana untuk peserta Battle
Rap wajib menyisipkan lirik tentang Indonesia, peserta Dance yang
wajib menyisipkan gerakan tarian tradisional dalam penampilannya, peserta Photography yang
wajib mengangkat tema tentang Indonesia secara on the spot.
Acara
ini mendapatkan respon yang baik dari dukungan pihak Kampus STIKOM InterStudi,
juga animo masyarakat untuk menghadiri acara tersebut. Dimana kala itu cukup
banyak pengunjung yang hadir di GOR Bulungan untuk menyaksikan acara tersebut,
serta berbagai groupies dari komunitas band dan supporter yang
meramaikan seluruh kompetisi yang diadakan oleh CROMBIS. Tidak dapat dipungkiri
bahwa melalui acara "Unek-Unik 2011", brand awareness dari
jurusan Komunikasi Bisnis STIKOM InterStudi mulai terangkat.
Mampir lah kaka ketempat saya hehe kombis2009.blogspot.com
BalasHapus@Ashad: Siap kaka ;) Thanks for visiting my blog!
BalasHapus