:: Salam hangat dari keluarga besar KOMBIS untuk anda, dalam setiap kunjungannya di web KOMBIS. Semoga apa yang kami persembahkan dalam web ini dapat berguna untuk anda dan kita semua ::

Teknik Presentasi Dalam Bisnis

Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak hadirin atau salah satu bentuk komunikasi. presentasi merupakan kegiatan pengajuan suatu topik, pendapat atau informasi kepada orang lain. Berbeda dengan pidato yang lebih sering dibawakan dalam acara resmi dan acara politik, presentasi lebih sering dibawakan dalam acara bisnis.
Presentasi bisnis bagi para staf manajer pada semua level/tingkatan dalam suatu perusahaan berskala menengah dan besar merupakan hal yang biasa. Baik dalam kaitannya dengan masalah pemasaran, keuangan, personalia, produksi, dan teknologi informasi.
Namun, arti presentasi bagi seorang pebisnis adalah untuk membujuk, memberi informasi, dan untuk meyakinkan rekan kerja atau klien untuk dapat membeli produk / menggunakan jasa yang ditawarkan.
Presentasi bisnis memiliki proses hingga sampai pada tahap mempengaruhi seseorang, yaitu:
1.   Menginformasikan pesanpesan bisnis kepada audiens
2.   Menghibur audiens
3.   Menyentuh emosi audiens
4.   Memotivasi audiens untuk bertindak sesuatu
Sebelum melakukan presentasi hendaknya seorang pebisnis melakukan persiapan terlebih dahulu, yakni :
1.  Penguasaan terhadap topik atau materi yang akan disampaikan, agar yang ingin disampaikan dapat mencapai sasaran.
2.   Pengusaha berbagai alat bentu presentasi dengan baik
3.   Menganalisis siapa audiens anda.
4.  Menganalisis berbagai lingkungan lokasi atau tempat untuk presentasi, guna mempermudah bagi seorang pembicara.
Setelah mempersiapkan presentasi bisnis, maka pebisnis perlu mengambil keputusan untuk memilih alat bantu yang akan digunakan untuk melakukan presentasi bisnis, seperti :
1.   Papan Tulis
2.   Flip Charts
3.   Tranparasi Overhead Projector
4.   Slide
5.   Papan Tulis Elektronik
6.   Video Cassete Recorder (VCR)
7.   Panel LCD Projector

Ketrampilan yang Anda miliki sebagai komunikator akan menjadi salah satu faktor penting dalam mencapai kesuksesan presentasi bisnis. Oleh karena itu Anda harus tampil rapi dan sopan dalam presentasi karena semua mata akan tertuju pada Anda. Tenangkan diri sejenak. Tarik nafas dalam-dalam, keluarkan lambat-lambat. Kemudian tenangkan pikiran dan emosi Anda pula. Berdirilah dengan sigap. Berjalanlah dengan tegas dan mantap. Atau turut bertepuk tangan menyambut applaus dari audiens. Biarkan energi itu mengalir dalam gerakan Anda. Berbicaralah dengan keras dan lantang. Bila Anda berbicara lambat, maka bibir Anda akan semakin gemetar, suara Anda pun bergetar. Salurkan rasa grogi Anda melalui suara Anda yang keras dan lantang. Suara keras Anda bukan hanya dapat mengatasi kecemasan, namun juga sarana menyalurkan energi tersebut. Anda juga bisa diam sejenak. Anda dapat menyalurkan ketegangan dalam diri anda pada para audiens, yaitu dengan memulai presentasi Anda dengan diam beberapa detik. Biarkan ketegangan Anda terserap dan jadi ketegangan audiens. Yang terakhir, lontarkan humor yang wajar. Lenturkan kegugupan Anda dengan sebuah humor yang wajar. Anda memang perlu merencanakannya dengan baik, namun jangan sampai kehilangan spontanitas. Sebagai catatan, humor terbaik yang tidak akan melukai perasaan siapa pun adalah humor tentang diri Anda ;)

Dari berbagai sumber.

Media Dalam Komunikasi Bisnis


Selama ini komunikasi bisnis hanya dikenal sebagai “Komunikasi.” Padahal komunikasi bisnis ini mencakup berbagai  topik pada bidang dibawah ini :
1. Pemasaran
2. Branding
3. Hubungan pelanggan
4. Perilaku konsumen
5. Advertising
6. Public relations
7. Komunikasi perusahaan
8. Keterlibatan komunitas
9. Riset & Pengukuran
10. Manajemen Reputasi
11. Komunikasi interpersonal
12. Keterlibatan karyawan
13. Komunikasi online
14. Manajemen Event.

Komunikasi Bisnis merupakan topik yang umum termasuk dalam kurikulum Master of Business Administration (MBA) yang banyak diajatkan universitas. Dalam dunia bisnis, istilah komunikasi itu sendiri mencakup berbagai saluran komunikasi termasuk :
1. Internet
2. Print (Publications)
3. Radio
4. Televisi
5. Media ambient
6. Media outdoor
7. Metode dari mulut ke mulut.

Komunikasi Bisnis juga dapat merujuk kepada komunikasi internal. Seorang direktur komunikasi biasanya akan mengelola komunikasi internal dan kemudian mengirimkan pesan ke karyawan. Sangat penting bahwa komunikasi internal ini bisa dikelola dengan baik karena seringkali terjadi komunikasi ini kurang berhasil sehingga bisa membuat sebuah pesan yang justru dapat memupuk ketidakpercayaan atau permusuhan dari karyawan.
Ada beberapa metode komunikasi bisnis yang selama ini dikenal, yaitu:
1. Komunikasi Berbasis Web
2. e-Mail
3. Laporan
4. Presentasi
5. Teleconference
6. Forum Diskusi
7. Diskusi Tatap Muka.

Media Promosi Bisnis/Usaha

Salah satu media komunikasi bisnis di internet adalah melalui iklan online yang akan ditampilkan pada situs tertentu. Ada beberapa situs yang menyediakan sarana periklanan online ini, salahsatunya yang populer dan banyak digunakan diseluruh dunia adalah fasilitas adwords dari google. Melalui fitur ini, iklan kita akan ditampilkan di halaman pencarian google sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pencari informasi. Selain itu, iklan Anda juga akan ditampilkan pada situs-situs network google seperti pada situs / blog adsense.
Sementara itu situs lokal di Indonesia yang juga menyediakan sarana periklanan adalah balizon. Disana Anda bisa memasang iklan baris, iklan paragraph, showroom bisnis, maupun menjual produk melalui fasilitas toko online bersama.

Teknologi multimedia dalam komunikasi bisnis

Teknologi merupakan alat teknik, atau cara yang dapat membantu manusia dalam menjalankan pekerjaan, sehingga pekerjaan menjadi lebih ringan, lebih cepat, lebih baik, dan lebih banyak hasilnya.

Salah satu alasan mengapa teknologi dibutuhkan dalam komunikasi bisnis, adalah karena dengan adanya alat bantu multimedia yang relevan dan dipilih dengan baik maka akan mudah menarik perhatian. Alat bantu multimedia dapat digunakan secara efektif untuk mengendalikan perhatian penyimak melalui stimuli visual dan stimuli oral.

Dan alat bantu multimedia juga digunakan untuk menjelaskan gagasan, karena alat bantu multimedia memberikan gambar bernilai ribuan kata, tambahan visual dan auditory tambahan atau input indera dapat menyampaikan konsep yang sulit dan membantu dalam penyampaian pesan yang kompleks.

Anderson (1966) menunjukkan bahwa suatu kombinasi presentasi yang menggunakan kemampuan bicara dan penayangan gambar berdampak lebih besar terhadap topik yang lebih kompleks dibandingkan pesan yang disampaikan dengan kata-kata. Dan para penyimak akan mengingat isi presentasi lebih lama bila presentasi menggunakan gambar-gambar. Tambahan input visual dan auditory dapat menyempurnakan kata-kata yang diucapkan dan dapat memusatkan perhatian dan meningkatkan kejelasan.

Itulah mengapa pengetahuan tentang teknologi multimedia sangat penting diberikan pada bidang pendidikan komunikasi bisnis.

Sumber: http://notes9.wordpress.com/2013/01/01/multimedia-dalam-komunikasi-bisnis/

APAKAH INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) ITU??



Pada masa kini, manusia yang modern dalam berbisnis seringkali menggunakan istilah Integrated Marketing Communication (IMC) atau disebut juga Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam mempromosikan produknya. Komunikasi pemasaran digunakan sebagai kegiatan komunikasi yang ditujukan untuk menyampaikan pesan kepada konsumen dan pelanggan dengan menggunakan sejumlah media dan berbagai saluran yang dapat dipergunakan, tentunya dengan harapan terjadi tiga perubahan. Yaitu berubahnya tindakan, sikap, serta pengetahuan target pasar.

Menurut American Association of Advertising Agency, IMC adalah “Konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang mengkaji peran strategis masing-masing bentuk komunikasi (iklan, sales promotion, PR, direct marketing, dll) dan memadukannya untuk meraih kejelasan, konsistensi dan dampak komunikasi yang maksimal melalui pengintegrasian pesan.” Jika dijabarkan lebih luas maka IMC memiliki pengertian: Pengembangan dan implementasi berbagai bentuk program komunikasi yang bersifat persuasif kepada konsumen secara berkesinambungan.

Karakteristik dari IMC yaitu, berawal dari konsumen, kemudian mempengaruhi perilaku dengan mendorong konsumen untuk bertindak, menggunakan berbagai macam sarana dan saluran untuk menghubungkan perusahaan dengan konsumen, lalu berusaha menjalin hubungan antara brand dengan pelanggannya sehingga tercipta sinergi komunikasi pemasaran. Tujuannya adalah untuk mengkomunikasikan value, meningkatkan brand awareness, membangun brand loyalty, mengurangi serangan dari competitor dengan menghadirkan pesan yang unik dan positif sehingga dapat melindungi perang harga di kalangan competitor.

Begitu bermanfaatnya penggunaan strategi IMC bagi suatu organisasi bisnis hingga banyak perusahaan yang menggunakannya untuk mendapatkan hati pelanggan. Manfaat-manfaat yang didapat adalah sebagai berikut:
  • Membentuk identitas merk yang kuat di pasar dengan mengikat bersama dan memperkuat semua citra dan pesan komunikasi perusahaan.
  • Mengkoordinasikan semua pesan, positioning dan citra, serta identitas perusahaan melalui semua bentuk komunikasi pemasaran.
  • Adanya hubungan yang lebih erat antara perusahaan (melalui produk/jasanya) dengan para konsumennya.
    Terlebih lagi, trend pengaplikasian IMC dapat mengurangi ketergantungan pada iklan yang banyak mengeluarkan biaya dan juga bisa mengembangkan analisa perilaku konsumen yang berguna untuk strategi pemasaran jangka panjang. Nah, jadi bagi Anda yang ingin mencoba berbisnis terapkanlah IMC dalam strategi pemasaran produk/jasa anda. Selamat mencoba J

Komunikasi Bisnis





Seperti yang kita ketahui bersama, jika komunikasi merupakan elemen terpenting yang diberikan Tuhan kepada manusia. Dengan komunikasi kita menjadi mahluk hidup, bukanlah sebuah benda mati. Melalui komunikasi pula, manusia bisa menghidupkan nyawa sosial yang menjadi harapannya untuk tetap berperan sebagai manusia.

Selain komunikasi ada juga faktor penting yang harus kita lakukan untuk dapat bertahan hidup, yaitu bisnis, karena dengan bisnis kita bisa menghasilkan simbiosis mutualisme untuk memenuhi kebutuhan dan hasrat hidup kita sebagai manusia. Pada jaman dahulu kala pun sudah terbukti bahwa manusia melakukan kegiatan jual-beli untuk bisa hidup, dengan pembayaran barter atau pertukaran barang. Sedangkan transaksi bisnis di jaman sekarang sudah menggunakan uang dengan nilai berbeda yang diukur oleh masing-masing Negara.

Jika komunikasi adalah elemen yang membedakan kita sebagai makhluk hidup dengan benda, bisnis juga merupakan elemen penting yang tidak hanya membedakan kita dengan benda, tetapi juga membedakan kita sebagai manusia dengan hewan (walaupun saya tidak tahu juga apakah hewan menjalankan roda bisnis, karena yang saya tau hewan sangat patuh pada hukum rimbanya, hehehe kind of intermezo). Nah, jika kita gabungkan dua kekuatan elemen ini, Komunikasi dengan Bisnis, tentunya akan menjadi suatu hal yang luar biasa, terlebih jika kita berhasil menguasai penyatuan keduanya ini. Namun, sebenarnya apakah komunikasi bisnis ini????

Komunikasi dirumuskan sebagai suatu proses penyampaian pesan/informasi diantara beberapa orang. Karenanya komunikasi melibatkan seorang pengirim, pesan/informasi saluran dan penerima pesan yang mungkin juga memberikan umpan balik kepada pengirim untuk menyatakan bahwa pesan telah diterima. Komunikasi adalah suatu yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Dalam berkomunikasi seseorang harus memiliki dasar sebagai berikut; niat, minat, pandangan, lekat, libat. Dalam proses komunikasi kita juga harus ingat bahwa ada hambatan yaitu baik dari pengirim, saluran, penerima dan umpan balik serta hambatan fisik dan psikologis.

Tujuan komunikasi adalah berhubungan dan mengajak dengan orang lain untuk mengerti apa yang kita sampaikan dalam mencapai tujuan. Tentunya dalam hal ini tujuan komunikasi bisnis adalah untuk memberi informasi, persuasi atau membujuk, dan untuk melakukan kolaborasi dengan audiens. Untuk itu, keterampilan berkomunikasi sangatlah diperlukan dalam bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bisnis. Ada dua jenis komunikasi, yaitu verbal dan non verbal, komunikasi verbal meliputi kata-kata yang diucapkan atau tertulis, sedangkan komunikasi non verbal meliputi bahasa tubuh. Menurut bentuk komunikasi, ada yang disebut komunikasi satu arah dan komunikasi dua arah. Komunikasi satu arah berarti sebuah pesan dikirim dari pengirim ke penerima tanpa ada umpan balik. Komunikasi dua arah terjadi bila pengiriman pesan dilakukan dan mendapatkan umpan balik. Komunikasi berdasarkan besarnya sasaran terdiri dari komunikasi massa, komunikasi kelompok, dan komunikasi perorangan. Sedangkan komunikasi berdasarkan arah pesan terbagi atas; komunikasi satu arah dan komunikasi timbal balik.

Komunikasi bisnis terdiri dari berbicara,mendengarkan, menulis dan membaca. Para pelaku bisnis mengalokasikan waktunya untuk masing-masing jenis komunikasi verbal seperti dalam tabel di bawah ini:

Jenis Komunikasi Verbal Alokasi waktu:
  • Berbicara 30%
  • Mendengarkan 45%
  • Menulis 9%
  • Membaca 16%
Komunikasi bisnis baik secara lisan maupun tulisan mempunyai beberapa karakteristik sebagai berikut:
  • Pesan yang terkandung dalam komunikasi bisnis disusun untuk audience atau penerima yang membutuhkan informasi.
  • Pesan bisnis disusun dengan mempertimbangkan batasan waktu dan biaya.
  • Pesan bisnis biasanya disusun untuk lebih dari satu tujuan.
  • Pesan bisnis harus memperhatikan nada dan pengaruhnya terhadap audience.
Komunikasi Bisnis menurut pengertian penulis secara sederhana adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis secara internal maupun eksternal, yang mencakup berbagai macam jenis dan bentuk komunikasi untuk mencapai tujuan bisnis. Komunikasi bisnis digunakan untuk menyampaikan gagasan bisnis atau mempromosikan suatu produk atau jasa. Dalam dunia bisnis kita tidak boleh melanggar norma-norma yang telah ditetapkan ketika melakukan komunikasi. Biasanya komunikasi bisnis memiliki aturan yang ketat, keras, formal, dan terstandar.

Begitu kerasnya persaingan dalam dunia bisnis, sehingga untuk memenangkan tender atau menguasai pasar banyak pebisnis yang bertindak tanpa etika bisnis yang seharusnya. Meng-copy ide bisnis orang lain, membuat iklan yang menyindir competitor, ataupun membajak merek produk yang sudah terlebih dahulu terkenal. 

Begitulah gambaran dunia bisnis masa kini yang telah lupa akan persaingan secara sehat. Tujuan financial nampaknya menggelapkan para pebisnis yang seharusnya jujur dan beretika. Namun, masih banyak pula bisnis yang bisa bertahan hingga kini, karena kredibilitas pebisnis yang menanamkan tanggung jawab. Ya tanggung jawab, tanggung jawab akan bisnis yang dijalani, dan dengan lingkungan, juga orang-orang yang berkepentingan didalamnya atau biasa disebut stakeholders. Menerut penulis, bisnis seperti itulah yang akan selalu eksis, jadi tetaplah berpegang pada etika bisnis yang jujur dan bertanggungjawab jika ingin menjadi penguasa pasar.

"Creation Of Communication Business (CROMBIS)"




Berkembangnya “Era Reformasi” membawa banyak dampak dalam berbagai aspek kehidupan di Indonesia. Berjalan beriringan dengan munculnya globalisasi perdagangan menuju pasar bebas mengakibatkan mudahnya akses ke berbagai instansi, didukung oleh teknologi yang tinggi dan pesat. Dimana industri yang pada masa lalu hanya di monopoli oleh kalangan-kalangan Elite tertentu. Melalui jalan birokrasi yang sulit secara tidak langsung menahan laju kreatifitas. 

Di awali dengan “kebebasan pers”, telah membuka jalur yang telah lama terhambat kemudian jasa event & wedding organizer melaju pesat hingga semakin menjamur. Sehingga kini terbuka luas untuk semua generasi yang penuh tantangan, berwawasan, kompeten, dan handal. Yang kemudian melahirkan gagasan pada tahun 2007, untuk menyatukan kreatifitas dengan di bentuknya Creation of Communication Business (CROMBIS) sebagai bentuk aplikasi yang didapat dari akademik untuk dipraktekkan secara nyata kedalam sebuah penyelenggaraan event oleh para mahasiswa KOMBIS.

Dalam dunia entertainment yang fokus pada perusahaan jasa dapat membawa angin segar di kalangan masyarakat luas. Menghadirkan nuansa yang beda dari yang ada, menjadi tempat lahirnya para profesional muda yang berkreasi dan penuh intelektual, handal, terpercaya, baik di kalangan domestik maupun di kalangan internasional. Serta menjamin bentuk usaha yang menjanjikan bagi para pekerja di dalamnya maupun bagi rekan bisnis yang tidak hanya meraih keuntungan financial semata, namun juga membangun industri baru yang idealis dengan perkembangan zaman yang terus berubah–ubah dengan tetap mempertahankan citra bangsa Indonesia secara murni. 

Kreatifitas anak muda, khususnya remaja sudah selayaknya menjadi prioritas bagi Bangsa dan Negara ini untuk di ekspose dan dikembangkan. Peningkatan kepercayaan diri akan sebuah "kreatifitas diri" yang sangat dibutuhkan dalam persaingan global saat ini. Terbatasnya lapangan pekerjaan yang tersedia, namun dengan mengembangkan dan mengasah "kreatifitas diri", dengan sendirinya suatu kesenangan atau hobi akan bertransformasi menjadi pekerjaan yang mampu membantu mengurangi pengangguran yang ada dan ini telah terbukti. CROMBIS merupakan bentuk pengaplikasian jiwa enterpreneurship mahasiswa Komunikasi Bisnis STIKOM InterStudi.

Dimana tujuan dibentuknya event dari CROMBIS ini adalah untuk menuangkan hasil kreatifitas kawula muda ke dalam bentuk kecintaan (hobi) dan mengembangkannya menjadi suatu pekerjaan yang mampu menjadikan anak muda jaman sekarang tidak hanya membuang waktu untuk hobi, namun dapat menghasilkan sesuatu. Selain kepuasan batin yang didapat atas kebanggan diri sendiri yang berprestasi, namun juga menghasilkan uang. Yang mana secara langsung menjadikan diri mandiri dan tidak melulu menadah kepada orang tua. 

Acara Band & Beat Box Performance, Battle Rap, Dance, and Photography Competition yang diberi nama "Unek-Unik 2011" oleh CROMBIS ini diselenggarakan pada tanggal 23 April 2013 di GOR Bulungan, Jakarta Selatan. Ini merupakan acara tersukses bagi Mahasiswa Komunikasi Bisnis. Karena semua mahasiswa Kombis dari seluruh angkatan bergabung dan bekerja-sama untuk terlaksananya acara ini. Mulai dari pematangan konsep acara, pencarian peserta, hingga penggalangan dana melalui sponsorship dengan Bank BRI, Mejiku Clothing, Senopati'41 Entreprise, Honey Bear Cake, dan Teh Walini. Juga melobi Bintang Tamu yang pada akhirnya diputuskan untuk manggung di acara "Unek-Unik 2011", yaitu Ras Muhammad (Bintang Reggae) dan Kojek (Bintang Hip-Hop Betawi). 

Keunikan dari acara yang lain daripada acara Kampus pada umumnya adalah bahwa acara ini menyisipkan unsur kebudayaan Indonesia di setiap hasil kreatifitas para peserta. Dimana untuk peserta Battle Rap wajib menyisipkan lirik tentang Indonesia, peserta Dance yang wajib menyisipkan gerakan tarian tradisional dalam penampilannya, peserta Photography yang wajib mengangkat tema tentang Indonesia secara on the spot
          
          Acara ini mendapatkan respon yang baik dari dukungan pihak Kampus STIKOM InterStudi, juga animo masyarakat untuk menghadiri acara tersebut. Dimana kala itu cukup banyak pengunjung yang hadir di GOR Bulungan untuk menyaksikan acara tersebut, serta berbagai groupies dari komunitas band dan supporter yang meramaikan seluruh kompetisi yang diadakan oleh CROMBIS. Tidak dapat dipungkiri bahwa melalui acara "Unek-Unik 2011", brand awareness dari jurusan Komunikasi Bisnis STIKOM InterStudi mulai terangkat.





Pengaruh Komunikasi Lintas Budaya Dalam Negosiasi Bisnis



Perkembangan teknologi di era globalisasi membuat dunia bisnis menjadi semakin berkembang. Komunikasi bisnis yang efektif adalah faktor utama pendukung keberhasilan pelaku bisnis dalam melakukan penawaran (bernegosiasi) dengan rekannya. Pengertian dari Komunikasi bisnis itu sendiri merupakan komunikasi yang digunakan untuk menciptakan kerja sama atau promosi suatu gagasan bisnis antara dua orang atau lebih. Menurut Rosenbalt (1982:7) Komunikasi bisnis adalah: “Pertukaran ide-ide opini, informasi, instruksi dan sejenisnya, yang dikemukakan baik secara personal ataupun nonpersonal melalui simbol atau tanda, untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan.”

Dalam era perdagangan bebas abad ke-21, seperti yang dikemukakan oleh Richard D. Lewis, bahwa pebisnis abad ke-21 yang sukses adalah mereka yang memiliki strategi untuk mengatasi perbedaan budaya dalam perundingan bisnis dengan orang lain. Umumnya pebisnis di masa sekarang akan menggunakan negosiasi untuk memperoleh kesepakatan bisnis. Hartman menyatakan bahwa “Negosiasi merupakan suatu proses komunikasi antara dua pihak yang masing-masing mempunyai tujuan dan sudut pandang mereka sendiri, yang berusaha mencapai kesepakatan yang memuaskan kedua belah pihak mengenai masalah yang sama.”

Seperti orang Amerika yang humoris dengan teknik menjual agresif dan argumentatif, sedangkan orang Finlandia cenderung pendiam dan tidak bertele-tele dalam mengambil keputusan. Atau orang Jepang yang sopan dengan ekpresi wajah tenang tanpa kontak mata secara langsung terhadap lawan dan orang Perancis yang sangat formal ketika dalam meja pertemuan, namun sangat pandai memojokkan lawan.

Berikut merupakan empat cara jitu yang dapat dilakukan pebisnis untuk memenangkan negosiasi bisnis dengan lawan :
1. Pisahkan masalah pribadi yang akan menghambat negosiasi dengan lawan. 
2. Berikan alternatif win-win solution pada lawan dengan menghindari emosi dan ego untuk menang sendiri.
3. Selesaikan proses negosiasi dengan tidak bertele-tele. Hindarilah tempat negosiasi yang tidak kondusif.
4. Lakukan riset untuk mengetahui karakter lawan. Apa latar belakangnya, bahasa, gesture, kebiasaan, hobi, kegemaran, dan budayanya.

Bisnis internasional, terutama yang melibatkan joint-venture atau negosiasi yang berkepanjangan, penuh dengan kesulitan apabila tidak memiliki pemahaman dalam perbedaan masing-masing budaya. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi seseorang yang ingin memulai suatu bisnis "Go International" untuk mempunyai perspektif budaya yang luas pada masing-masing negara. Mulai dari persepsi, nilai, norma, bahasa verbal dan nonverbal, serta perilaku dari warga negara tersebut.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
WWW.COYSKA.COM